July 26, 2024

Bookbot Memenangkan Kompetisi EdTech Global

Bookbot berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam Tools Competition Global. Bookbot terpilih sebagai salah satu dari 50 tim terbaik yang berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif untuk menjawab tantangan pendidikan saat ini.

Bookbot akan mendapatkan dana untuk mengembangkan fitur avatar interaktif dalam aplikasi membacanya. Fitur ini akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui percakapan langsung dengan avatar. Avatar akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong anak untuk berpikir kritis dan memahami lebih dalam setiap materi pelajaran. 1 juta pelajar diharapkan dapat merasakan manfaat dari avatar interaktif Bookbot ini pada tahun 2027.

"Kami sangat antusias untuk mengembangkan program membaca kami lebih jauh lagi. Program ini telah terbukti membantu anak-anak meningkatkan kemampuan membaca mereka hingga dua kali lipat. Kini, kami ingin mengembangkan program ini agar tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca, tapi juga kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial emosional anak."

Lebih dari 1.900 peserta dari berbagai institusi dan organisasi di 18 negara di seluruh dunia bersaing dalam kompetisi ini, dan Bookbot berhasil menjadi salah satu pemenangnya.

Penghargaan diberikan dalam enam kategori, masing-masing berfokus pada bidang penting untuk inovasi pendidikan. Bookbot berhasil meraih penghargaan dalam kategori "Mempersiapkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21", bersama dengan beberapa inovasi lain seperti simulator berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk melatih calon guru, chatbot interaktif untuk mendukung pembelajaran mandiri siswa dan mencegah putus sekolah, serta kumpulan data komprehensif yang dapat membantu peneliti pendidikan mengidentifikasi metode pembelajaran paling efektif.

Informasi lebih lanjut mengenai kemenangan Bookbot dapat Anda temukan di sini. Daftar lengkap para pemenang dan proyek inovatif lainnya dapat ditemukan di sini.

Latar Belakang Tool Competition

Tools Competition adalah salah satu kompetisi teknologi pendidikan (edtech) terbesar di dunia. Kompetisi ini bertujuan mendorong inovasi edtech dengan memanfaatkan teknologi digital, data besar (big data), dan ilmu pembelajaran untuk menjawab kebutuhan mendesak para pelajar di seluruh dunia.

Sejauh ini, Tools Competition telah memberikan total hadiah sebesar 17,5 juta dolar Amerika kepada 130 inovator edtech dalam empat siklus kompetisi.

Tools Competition Tahun 2023-2024 didukung oleh berbagai pihak, antara lain: Renaissance Philanthropy, Griffin Catalyst, Walton Family Foundation, Bill & Melinda Gates Foundation, Siegel Family Endowment, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), Ballmer Group, Calbright College, Axim Collaborative, Jacobs Foundation, Endless Network, dan OpenAI.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh  The Learning Agency dan Georgia State University.

Tools Competition berikutnya akan dimulai pada bulan September 2024. Daftarkan surel Anda di sini untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai kompetisi ini.

Unduh Bookbot sekarang untuk
SEGERA MEMULAI